Gejala dan Pencegahan Kanker Pankreas

Seperti sudah disebutkan bahwa pada stadium awal, munculnya jenis kanker pankreas amat sukar dipastikan baik oleh sang dokter ahli sekalipun. Namun ada tidaknya jenis kanker pankreas ini telah menyerang seseorang penderita dapat juga diperhatikan gejala-gejala yang muncul. Penderita kanker pankreas ini biasanya menunjukan gejala-gejala seperti demam yang tinggi , berat badan yang merosot dan tubuh yang kurus, sakit perut bila kanker sudah menyebar, sakit ini terutama bila pada perut bagian atas, yang kadang-kadang sampai ke punggung. Demikian nafsu makan yang berkurang dan kadang-kadang dibawa tidur pun rasa tidak nyaman.

Penderita juga sering merasa mual, kehilangan nafsu makan, dan terasa lelah, karena kanker bisa berhubungan dengan pembuangan pada empedu cairan pencernaan yang dihasilkan oleh hati ke dalam usus kecil, akan terjadi perubahan warna kulit atau mata akan bewarna putih pada bagian hitamnya. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan cairan empedu yang biasanya merupakan gejala awal.

Kanker pankreas juga dikenal sebagai “silent desease”, karena pada stadium awalnya penyakit ini sulit untuk diketahui. Namun jika sel kanker sudah mulai tumbuh dan menyebar biasanya akan terjadi gejala seperti rasa nyeri di perut bagian atas dan kadang-kadang menjalar ke punggung, penurunan berat badan yang mencolok, ketika itu muncul juga depresi, dan penurunan nafsu makan, serta rasa tidak berdaya atau merasa badan lemas sama sekali.

Pencegahan

Selama ini memang berkembang luas mitos yang tidak baik, bahwa bila seseorang terkena kanker, seolah-olah penyakit itu tidak bisa disembuhkan lagi. Penderita dipastikan tidak lama lagi menunggu ajalnya sampai. Namun menurut dokter, banyak orang yang pernah menderita kanker akhirnya sembuh seperti sedia kala. Dengan demikain kanker itu penyakit kanker itu sejenis penyakit yang bisa dicegah dan bisa pula disembuhkan melalui pengobatan sebgaimana penyakit lainnya.

Pencegahan yang dianjurkan tentu saja seperti orang yang suka mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, biji-bijian seperti tempe memiliki resiko kecil untuk diserang penyakit ini. Sayuran hijau atau buah-buahan dapat menangkal penyakit itu dan meningkatkan daya tahan tubuh. Setiap orang dianjurkan untuk mengurangi berat badannya dari kegemukan sebab orang yang kegemukan akan memiliki resiko terjadinya penyakit kanker yang lebih besar dari pada orang yang berbadan langsing. Di samping itu, setiap orang hendaknya bertekad untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan gorengan dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.

Menghindari makanan yang diolah dengan suhu yang tinggi dan atau pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti makanan yang diasinkan, diasapi, diabakar, dipanggang sampai keluar arang (gosong). Demikain pula penyakit kanker pankres bisa dicegah melalui pengonsumsian makanan yang mengandung menggunakan zat pemanis, pengawet, dan penyedap.

Untuk mencegah terjadinya serangan kanker pankreas ini setiap orang hendaknya menjauhi minuman yang mengadung alkohol dan menjauhi rokok yang dapat memicu munculnya penyakit kanker. Disamping iti dianjurkan minuman jus buah-buahan dan sayuran-sayuran segar. Dengan kata lain setiap orang perlu untuk mengonsumsi banyak buah-buahan yang masih segar, dan bukan masakan fast food (siap saji) yang sudah diolah sedemikian rupa untuk mengurangi banyak ragam penyakit.

Demikian pula setiap orang hendaknya menjahui mengonsumsi makanan kaleng dalam bentuk apapun, serta harus selalu berfikir positif dan tetap menghargai bahwa kehidupan ini amat berharga. Untuk itu dimana pun dan dalam bagaimanapun haruslah selalu memperthatikan serta mengutamakan kesehatan dirinya.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kanker Pankreas and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>